PAKAIAN TAQWA: REPRESENTASI AGAMA DAN BUDAYA DI PUSAT KEKUASAAN JAWA

https://doi.org/10.32488/harmoni.v18i2.364

Authors

  • Nor Kholis Laboratorium Agama dan Budaya Lokal (LABeL)

Keywords:

pakaian taqwa, Research and Development Agency of Ministry of Religious Affairs of Indonesia, Harmonization, Nusantara Islamic, Taqwa Clothes, Education, Harmonisasi, Islam Nusantara, Pakaian taqwa, Pendidikan

Abstract

Akulturasi   agama   dan   budaya   sebagai   media   dakwah   di   Nusantara   tidak   bisa   dilepaskan  dari  peran  ulama  (Walisanga)  dan Pemerintah (elite kerajaan). Walisanga sebagai      pembuat      konsep      dakwah,      sementara   raja   memiliki   peran   sebagai   penjaganya. Hal ini telah dilakukan secara turun temurun mulai dari era Demak sampai Mataram  Islam.  Beberapa  media  dakwah memiliki nilai-nilai filosofis keislaman sehingga  masih  tetap  dilestarikan  sampai  saat ini, seperti wayang, gamelan, tembang dan   pakaian.   Artikel   ini   mendiskusikan   pakaian   adat   Keraton   Yogyakarta   untuk   melihat  bentuk  interpretasi  pihak  keraton  terhadap  pakaian  tersebut.  Penelitian  ini  menggunakan   pendekatan   emik,   untuk   mendiskripsikan    objek    pakaian    taqwa    sebagaimana  hasil  wawancara  mendalam  yang disampaikan oleh informan. Pemilihan informan     didasarkan     atas     keluasaan     informasi  serta  otoritasnya  di  lingkungan  keraton.    Analisis    penelitian    dilakukan dengan metode filosofis – interpretative.  Hasil penelitian menunjukan pakaian taqwa memiliki  dua  aspek,  secara  internal  dan eksternal. Pertama, unsur-unsur pakaian taqwa baik secara implisit maupun eksplisit diklaim   oleh   pihak   Keraton   Yogyakarta   serat   dengan   nilai-nilai   Islami   sehingga   bisa  dijadikan  sebagai  salah  satu  media  dakwah.  Kedua,  pakaian  taqwa  menjadi  identitas  sosial  oleh  Keraton  Yogyakarta  sebagai pewaris resmi penguasa tanah jawa Mataram Islam.

Kata  kunci:  Pakaian  adat,  media  dakwah,  identitas sosial

 

Acculturation   of   religion   and   culture   as  media  of  da’wah  in  the  archipelago  cannot  be  separated  from  the  role  of  ulama  (Walisanga)  and  the  government  (royal  elite).  Walisanga  is  the  maker  of  the  concept  of  da’wah,  while  the  king  has a role as a guardian. This has been done   from   generation   to   generation   starting   from   the   Demak   era   to   the   Islamic   Mataram.   Some   da’wah   media   have islamic philosophical values so that they  are  still  preserved  today,  such  as  wayang,  gamelan,  song  and  clothing.  This   article   discusses   the   traditional   clothing   of   the   Yogyakarta   palace   to   see  the  interpretations  of  the  keraton  to the clothing. This study uses an emic approach, to describe the object of piety as   the   results   of   in-depth   interviews   delivered by the informant. The selection of   informants   is   based   on   the   vast   information  and  their  authority  within  the   palace   environment.   The   analysis   of  the  research  was  carried  out  using  philosophical-interpretative  methods.  The  results  shows  that  taqwa  clothing  has  two  aspects,  internally  and  externally.  First,  the  elements  of  pious  clothing  are  implicitly  or  explicitly  claimed  by  the  Yogyakarta Sultanate is filled with islamic values so  that  it  can  be  used  as  one  of  the  da’wah  media.  Second,  taqwa  clothing  became  a  social  identity  by  the Yogyakarta palace as the official heir to  the Islamic Mataram javanese land.

Keywords:  Traditional  Clothing,  Da’wah  Media, Social Identity

Downloads

Download data is not yet available.

Published

31-12-2019

How to Cite

Kholis, N. (2019). PAKAIAN TAQWA: REPRESENTASI AGAMA DAN BUDAYA DI PUSAT KEKUASAAN JAWA. Harmoni, 18(2), 116–127. https://doi.org/10.32488/harmoni.v18i2.364