SEHATI PROGRAM: A FLEXIBLE MODEL FOR EFFECTIVE HALAL CERTIFICATION

https://doi.org/10.32488/harmoni.v23i1.706

Authors

  • Nur Kasanah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Rosita Novi Andari Badan Riset dan Inovasi Nasional, Indonesia

Keywords:

acceleration, halal certification, Innovation, SEHATI, MSE’s

Abstract

Abstract

This field research, employing a descriptive qualitative approach, explores the innovation in implementing the Sehati program by the Office of Religious Affairs (KUA) of Taman District, Madiun City. The program facilitates and accelerates the free halal certification process for Micro and Small Businesses (MSEs) in Taman District, Madiun City, during 2021-2023. Data was collected through document analysis, interviews, and observations with KUA officials, Halal Product Process Assistants (P3H), and MSE actors who participated in the Sehati acceleration program. The findings indicate that the KUA of Taman District innovated in the Sehati program by managing flexible service business processes, strengthening the role of Islamic religious instructors as P3H, collaborating with agencies related to MSEs, involving madrasahs within the KUA’s jurisdiction, and promoting MSEs with issued halal certificates. As a result, eight P3H successfully assisted 773 MSE actors and issued 508 halal certificates. Halal labels on MSE products improved product packaging, increased consumer confidence, and expanded marketing areas, leading to higher business turnover. This innovation can serve as a reference for implementing the Sehati program in other regions in Indonesia, thereby accelerating the achievement of halal certification as a primary guarantee of MSE product quality in Indonesia.

Abstrak

Penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskripstif ini bertujuan untuk mengeksplorasi inovasi implementasi program Sehati yang dilakukan oleh Kantor Urusan Agama (KAU) Kecamatan Taman Kota Madiun dalam memfasilitasi dan mengakselerasi proses sertifikasi halal gratis bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kecamatan Taman Kota Madiun selama periode tahun 2021-2023. Pengumpulan data dilakukan melalui metode analisis dokumen, wawancara dan observasi dengan pejabat KUA, Pendamping Proses Produk Halal (P3H) dan pelaku UMK di wilayah Kecamatan Taman Kota Madiun yang telah mengikuti program akselerasi Sehati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KUA Kecamatan Taman Kota Madiun melakukan inovasi dalam implementasi program Sehati melalui manajamen proses bisnis layanan yang fleksibel yaitu dengan cara penguatan peran penyuluh agama Islam sebagai P3H, kerjasama dengan instansi yang berkaitan dengan UMK, pelibatan madrasah yang berada di wilayah kerja KUA Kecamatan Taman Kota Madiun, dan publikasi UMK yang sudah terbit sertifikat halalnya. Hasil inovasi implementasi tersebut yaitu terdapat delapan P3H yang telah berhasil mendampingi 773 pelaku UMK dan menerbitkan 508 sertifikat halal, dan adanya label halal pada produk UMK berdampak pada perbaikan kemasan produk, meningkatnya kepercayaan konsumen, dan perluasan wilayah pemasaran yang berdampak pada kenaikan omzet usaha. Inovasi ini dapat menjadi acuan bagi praktik implementasi program Sehati di daerah lainnya di Indonesia sehingga dapat mengakselerasi capaian sertifikasi halal sebagai jaminan utama kualitas produk UMK di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarizi, M. (2023). Peran Sertifikasi Halal Dan Kepatuhan Praktik Halal Terhadap Kinerja Bisnis Berkelanjutan: Investigasi Pemodelan Empiris Sektor Umkm Kuliner Nusantara. Harmoni, 22(1), 93–116. https://doi.org/10.32488/harmoni.v22i1.654

Anggraini, K., & Desthiani, U. (2021). Peran Humas Sebagai Fungsi Publikasi Dalam Mensosialisasikan Kegiatan Survei Seismik Pt Elnusa Tbk. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5612

antaranews.com. (2022). Sektor UMKM sumbang 14,3 persen PDRB Kota Madiun tahun 2021. https://jatim.antaranews.com/berita/634129/sektor-umkm-sumbang-143-persen-pdrb-kota-madiun-tahun-2021

Arsil, P., Wicaksono, R., Hidayat, H. H., & Novitasari, D. (2022). Strategi Kerjasama Pengembangan Institusi Halal: Implementasi pada Halal Center. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 590–598. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.3794

Aslan, H. (2023). The influence of halal awareness, halal certificate, subjective norms, perceived behavioral control, attitude and trust on purchase intention of culinary products among Muslim costumers in Turkey. International Journal of Gastronomy and Food Science, 32, 100726. https://doi.org/10.1016/j.ijgfs.2023.100726

Azam, M. S. E., & Abdullah, M. A. (2020). Global halal industry: realities and opportunities. IJIBE (International Journal of Islamic Business Ethics), 5(1), 47–59. https://doi.org/10.30659/ijibe.5.1.47-59

Azzahra, A. S., & Wibowo, N. (2019). Pengaruh Firm Size dan Leverage Ratio Terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Pertambangan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 9(1), 13–20. https://doi.org/10.55601/jwem.v9i1.588

Bakhri, S., Saiban, K., & Munir, M. (2022). Peran Lembaga Keuangan Syariah dalam Industri Halal sudut Pandang Maqosid Syariah. Tasharruf: Journal of Islamic Economics and Business, 3(1), 11–29. https://doi.org/10.55757/tasharruf.v3i1.88

bpjph.halal.go.id. (2023). Sertifikasi Halal. http://bpjph.halal.go.id/detail/sertifikasi-halal

bps.go.id. (2022). Pengeluaran Per Kapita Riil Disesuaikan (Ribu Rupiah), 2020-2022. https://jatim.bps.go.id/indicator/26/34/1/pengeluaran-per-kapita-riil-disesuaikan.html

Chairunnisyah, S. (2017). Peran Majelis Ulama Indonesia Dalam Menerbitkan Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Kosmetika. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2). https://doi.org/10.30596/et.v3i2.1251

Dinar Standard. (2022). State of the Global Islamic Economy Report: Unlocking Opportunity. https://cdn.salaamgateway.com/reports/pdf/State+of+the+Global+Islamic+Economy+Report+2022_V2_Updated.pdf

Dinar Standard, T. R. (2018). State of the Global Islamic Economy Report 2018/19.

ekon.go.id. (2022). Pengembangan UMKM Menjadi Necessary Condition untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4136/pengembangan-umkm-menjadi-necessary-condition-untuk-mendorong-pertumbuhan-ekonomi#:~:text=Jakarta%2C 20 Mei 2022&text=Kontribusi UMKM tercatat mencapai kisaran,persen dari total tenaga kerja.

Faisal, Y. A., & Apriliadi, A. (2021). Faktor Kesuksesan Akselerasi Ekspor UKM Industri Halal di Indonesia: Analisis Delphi. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 3(3), 143–156. https://doi.org/10.36407/serambi.v3i3.545

Fitri, Z. E., & Mardiah. (2023). Kajian Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Dengan Skema Self Declare Pada UMKM Dapur Mimi. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 5(1), 6–15. https://doi.org/10.30997/jiph.v5i1.9996

Hakim, B. A. H., Mujahidah, A. S., & Rusydiana, A. S. (2022). Sentiment analysis on Halal certification. Harmoni, 21(1), 78–93. https://doi.org/10.32488/harmoni.v21i1.609

halal.indonesia. (2023). Top 20 Provinsi dengan Jumlah Sertifikat Halal Terbanyak. https://www.instagram.com/p/CxXNOcKBgqU/?igshid=NzZhOTFlYzFmZQ==

Ilham, I. (2018). Peranan Penyuluh Agama Islam dalam Dakwah. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 49–80. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2373

Irwanto, I. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Pada Pelaku UMK Di Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak, Serang-Banten. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/8

Kasanah, N., & Sajjad, M. H. A. (2022). Potensi, Regulasi, dan Problematika Sertifikasi Halal Gratis. Journal of Economics, Law, and Humanities, 1(2), 28–41. https://doi.org/10.21154/jelhum.v1i2.1196

kemenag.go.id. (2021). Kemenag: Sejak 17 Oktober 2019, Daftar Sertifikasi Halal ke BPJPH. https://www.kemenag.go.id/internasional/kemenag-sejak-17-oktober-2019-daftar-sertifikasi-halal-ke-bpjph-6v8zvi

kemenag.go.id. (2022a). Kemenag Buka Sertifikasi Halal Gratis bagi 300 Ribuan UMK, Cek Syaratnya. https://www.kemenag.go.id/read/kemenag-buka-sertifikasi-halal-gratis-bagi-300-ribuan-umk-cek-syaratnya-jp5m9

kemenag.go.id. (2022b). Menag Launching Program 10 Juta Produk Bersertifikat Halal. https://kemenag.go.id/read/menag-launching-program-10-juta-produk-bersertifikat-halal-rx62a

Khairunnisa, H., Lubis, D., & Hasanah, Q. (2020a). Kenaikan Omzet UMKM Makanan dan Minuman di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal. Al-Muzara’ah, 8(2), 109–127. https://doi.org/10.29244/jam.8.2.109-127

Khairunnisa, H., Lubis, D., & Hasanah, Q. (2020b). Kenaikan Omzet UMKM Makanan dan Minuman di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal. AL-MUZARA’AH, 8(2), 109–127.

Khan, M. I., & Haleem, A. (2016). Understanding “halal” and “halal certification & accreditation system”-a brief review. Saudi Journal of Business and Management Studies, 1(1), 32–42. https://doi.org/scholarsmepub.com/sjbms-11/

Lopes, N. V. (2017). Smart governance: A key factor for smart cities implementation. 2017 IEEE International Conference on Smart Grid and Smart Cities (ICSGSC), 277–282. https://doi.org/10.1109/ICSGSC.2017.8038591

madiunkota.go.id. (2022). Dukung UMKM, Wali Kota Serahkan Alat Batik Hingga Sertifikasi Halal Ke Pelaku Usaha. https://www.madiunkota.go.id/berita/2022/12/19/dukung-umkm-wali-kota-serahkan-alat-batik-hingga-sertifikasi-halal-ke-pelaku-usaha

Maharani, T., & Suma, N. N. (2023). Kesiapan Pelaku Usaha Terhadap Implementasi Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI). Psychospiritual: Journal of …. https://psychospiritual.uinkhas.ac.id/index.php/psycho/article/view/13

Malahayati, E. N., & Afro’Faizah, N. (2023). Sosialisasi Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) Skema Self-Declair bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Ringinrejo. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan …. https://doi.org/10.54082/jippm.102

Meliana, M., Sulistiono, S., & Setiawan, B. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(3), 247–254. https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i3.273

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2019). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru (Terjemahan). Penerbit Universitas Indonesia.

Muchtar, R. P. M., Andyanto, H., & Zainudin, M. (2018). Perbaikan Kemasan Dan Pelabelan Produk Kripik Singkong Madura Untuk Mewujudkan Pelaku Usaha Mandiri Menyongsong Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean Yang Berkelanjutan. Jurnal ABDIRAJA, 1(1), 14–18. https://doi.org/10.24929/adr.v1i1.635

Mukti Setiono, M. (2023a). Jemput Bola Pendamping PPH ke Pelaku Usaha untuk Sertifikasi Halal.

Mukti Setiono, M. (2023b). Kerjasama KUA Kec Taman Kota Madiun dengan Instansi Lain untuk Program Sertifikasi Halal.

Mukti Setiono, M. (2023c). Peran Penyuluh Agama Islam sebagai Pendamping PPH.

Mukti Setiono, M. (2023d). Perluasan Jangkauan Pemasaran Produk UMK Setelah Bersertifikat Halal.

Muzayanah, U., Oetomo, S. B., & Zakiyah, Z. (2019). Kepedulian Siswa Madrasah Aliyah Terhadap Produk Pangan Halal di Kota Surakarta. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 5(2), 259–273. https://doi.org/10.18784/smart.v5i2.883

Mya, V. A. N., & Handayani, T. (2023). Minat Pelaku Usaha Mikro Bidang Makanan dan Minuman di DKI Jakarta Terhadap Program Sertifikasi Halal Gratis. Islamic Economics and Business Review, 2(2). https://doi.org/10.59580/iesbir.v2i2.6240

olap.halal.go.id. (2023). Dashboard Sertifikat Halal - Rev. http://olap.halal.go.id/public/dashboard/93784e9b-386a-4806-8aac-f7137c150c15

Pardiansyah, E., & Abduh, M. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Dengan Skema Self-Declare Bagi Pelaku Usaha Mikro di Desa Domas. Jurnal Pengabdian Dan …. https://doi.org/10.56303/jppmi.v1i2.39

Piliyanti, I. (2019). Peran Strategis Perguruan Tinggi Islam Dalam Sertifikasi Halal Pada Produk UMKM di Indonesia. Laporan Penelitian BTOPN IAIN Surakarta 2019. https://eprints.iain-surakarta.ac.id/6058/1/laporan hasil riset halal 2019-1.pdf

Pujiyanto. (2023a). Jumlah Sertifikat Halal Terbanyak di Kota Madiun.

Pujiyanto. (2023b). Penugasan Penyuluh Agama Islam di Kemenag Kota Madiun Untuk Mengikuti Pelatihan Pendamping PPH.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Qonita, R. A., Khomah, I., Riptanti, E. W., & Setyowati, N. (2021). Perbaikan Kemasan sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Produk UKM Murni Snack. Kawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 320–327. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.34958

radarmadiun.jawapos.com. (2023). Permohonan Sertifikasi Halal di Kota Madiun Naik Signifikan. https://radarmadiun.jawapos.com/madiun/801220657/permohonan-sertifikasi-halal-di-kota-madiun-naik-signifikan

republika.co.id. (2022). Kemenag Kota Madiun Bantu UMKM Makanan dan Minuman Dapat Sertifikat Halal. https://rejogja.republika.co.id/berita/rhuiv9327/kemenag-kota-madiun-bantu-umkm-makanan-dan-minuman-dapat-sertifikat-halal

Rido, M., & Sukmana, A. H. (2021). Urgensi Sertifikasi Halal bagi Bisnis UMKM. JOURNAL of APPLIED BUSINESS and BANKING (JABB), 2(2).

Safaruddin, S. (2021). Implementation of Indonesian Law Policy No. 33/2014 on Halal Product Guarantee (JPH) in Makassar City. International Journal of Halal System and Sustainability, 1(2), 43–47. https://doi.org/10.33096/injhss.v1i2.207

Safitri, I. D. (2020). Pengaruh Kemasan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen UMKM Keripik Pisang Sri Rejeki Kota Metro). Universitas Muhammadiyah Metro. https://eprints.ummetro.ac.id/106/

Sampoerno, M. N., Saadah, M., Irawan, T. A., Hardi, S. P., & Budianto, A. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(2), 312–319. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i2.191

Setiawan, S., & Mauluddi, H. A. (2019). Perilaku Konsumen dalam Membeli Produk Halal di Kota Bandung. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 5(2), 232–246. https://doi.org/10.24952/tijaroh.v5i2.1849

Sup, D. F. A. (2023). Pendampingan Proses Produk Halal (PPH) dalam Program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) pada Produk Roti Sobek Trizta. Jurnal Aksi Afirmasi. https://doi.org/10.35897/jurnalaksiafirmasi.v4i2.1042

Syafitri, M. N., Salsabila, R., & Latifah, F. N. (2022). Urgensi Sertifikasi Halal Food dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 10(1), 16–42. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v10i1.305

Syaifulloh, M., Andriyansah, A., & Daud, A. (2023). Peran Penyuluh Agama Islam Non PNS dalam Program Pemberdayaan Masyarakat tentang Pemahaman Agama. Media Bina Ilmiah, 17(7), 1785–1792. https://doi.org/10.33578/mbi.v17i7.313

Triana Dewi, A. (2023a). Pemasifan Informasi Sehati melalui Story WA dan IG.

Triana Dewi, A. (2023b). Perbaikan Kemasan Produk UMK untuk Sehati.

Triana Dewi, A. (2023c). Publikasi UMK yang Terbit Sertifikasi Halal.

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98–112. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803

Published

08-07-2024

How to Cite

Nur Kasanah, & Rosita Novi Andari. (2024). SEHATI PROGRAM: A FLEXIBLE MODEL FOR EFFECTIVE HALAL CERTIFICATION. Harmoni, 23(1), 122–145. https://doi.org/10.32488/harmoni.v23i1.706